Friday 2 January 2015

kecelakaan Industri terparah akibat kesalahan manusia

Realitabaru – Banyak industri yang menerapkan konsep zero accident, dimana tidak boleh kejadian kecelakaan kerja dalam proses produksinya. Oleh karena itu beberapa perusahaan sangat memperhatikan safety dimana management akan mendukung penuh keselamatan kerja.

Upaya perusahaan biasanya merekrut beberapa ahli safety atau consultant keselamatan untuk menjadikan perusahaannya zero accident. Dari banyaknya kecelakaan yang terjadi faktor yang paling banyak menyebabkan terjadinya kecelakaan bukan karena faktor bencana alam, melainkan kesalahan manusia itu sendiri.

Berikut beberapa pabrik yang mengalami kecelakaan parah akibat ulah manusia :

Three mile island
Amerika pernah memiliki pabrik tenaga nuklir komersial pada tahun 1970an. Tepatnya pada 28 maret 1979 pabrik ini meledak akibat kesalahan operator yang menyebabkan malfungsi pendingin reactor sehingga menyebabkan perusahaan nuklir ini meledak dan berakibat 13 juta curie radiasi berterbangan diudara.

Piper alpha platform
kecelakaan Industri terparah akibat kesalahan manusia

Piper Alpha Platform merupakan perusahaan kilang minyak yang berproduksi diwilayahlaut utara. Pada tahun 1988 perusahaan ini meledak dan mengakibatkan 167 orang tewas dan 30 orang menghilang di laut lepas yang tidak pernah ditemukan.  Kerugian yang ditaksir akibat kecelakaan ini sekitar 3,4 milyar dollar dan disebut sebut kecelakaan terparah.

BP, texas
kecelakaan Industri terparah akibat kesalahan manusia

Salah satu perusahaan kilang minyak terbesar yaitu BP yang memiliki salah satu kilang minyaknya di daerah Texas mengalami kecelakaan. Ledakan pabrik kilang minyak ini disebabkan oleh kesalahan penetapan suhu oleh operator akibat pengukur indicator yang tidak berfungsi dengan baik untuk menunjukkan temperature. Kecelakaan ini menyebabkan 15 orang terluka dan 100 orang tewas.

Norco, Louisiana
Kecelakaan Norco diakibatkan oleh salah satu pipa hidrokarbon yang bocor dan meledak pada 5 mei 1988. Kecelakaan ini diperkirakan menyebabkan kerugian sebesar 706 juta dollar dan mengakibatkan 7 otang tewas , 2800 orang mengungsi dan 42 orang terluka. Ledakan keras pipa hidrokarbon hingga mencapai 8 kilometer dari lokasi ledakan

-Back To Home  - 
Baca Juga Artikel :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 Kumpulan Artikel Unik