Tuesday 9 December 2014

masjid samarra irak terbesar di dunia

Irak – berawal dari konflik dengan penduduk Baghdad pada masa Khalifah Abbasiyah Al Mutawakkil yang penduduknya pindah ke wilayah Samarra untuk melarikan diri. Para penduduk kemudian menetap di samara hingga 56 tahun. disini para penduk membangun peradaban baru dengan mendirikan Masjid yangbegitu besar yang ditujukan untuk umat islam di seluruh dunia. 

masjid samarra Irak terbesar di dunia

Masjid ini setara dengan 34 kali ukuran lapangan bola atau sekitar 17 hektar dengan bangunan sebesar 38.000 meter persegi dengan menara setinggi 52 meter. Tepatnya 400 tahun kemudian, peradaban Islam ini mendapat serangan dari dinasti mongol dibawah raja hulagu khan pada tahun 1278. Masjid ini memiliki 16 pintu masuk dengan 17 lorong yang menghubungkan antara tempat shalat.

masjid samarra Irak terbesar di dunia

Dibagian dalam mihrab dindingnya berhiaskan marmer dengan hiasan mosaic kaca yang digunakan sebagai tempat menerima tamu para imam masjid atau kunjungan khalifah.


masjid samarra Irak terbesar di dunia

Menara malwiyah dengan 52 meter berbentuk kerucut yang memiliki dasar segie empat di fungsikan sebagai tempat untuk mengumandangkan adzan dengan bagian dinding yang terbuat dari material kayu. Akan tetapi menara ini hancur gerilyawa membom pada saat terjadi invasi amerika bulan april 2005 yang kala itu digunakan pasukan AS sebagai menara pengawas
Baca Juga Artikel :
1. mahasiswi cantik buat web universitas down
2. bibir terlebar di dinua versi guinness worlds of records
3. nenek cantik 64 tahun menikahi pria 30 tahun di china
4. keajaiban sungai dibawah laut di cenote angelita

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 Kumpulan Artikel Unik