Friday 26 December 2014

kesalahan membeli obat menurut apoteker

Realitabaru – selain periksa kedokter umumnya seseorang meminum obat agar cepat sembuh dari penyakit. Kesalahan dalam  obat sering kita jumpai di masyarakat. Kadang seseorang merasa pengobatan oleh dokter tidak manjur, ataupun mengatakan bahwa obat tidak bagus padahal orang tersebut salah dalam penggunaan obat.


Berikut kesalahan yang sering dialami orang yang mengkonsumsi obat :

Lebih menggunakan obat paten daripada generik
Obat generik memiliki bahan aktif yang sama dengan obat paten sehingga secara efektivitas harusnya obat generik sama dengan obat paten. Akan tetapi karena obat generik lebih murah di banding obat paten menyebabkan masyarakat berpikir bahwa obat generik tidak bagus

Tidak berkomunikasi dengan apoteker
Kebanyakan konsumen obat membeli obat hanya berdasarkan pengalaman atau refrensi dari teman. Jika anda ke apotek, maka sebelum membeli obat berkonsultasilah dengan apoteker, karena apoteker lah yang mengerti tatacara minum obat yang benar dan tepat.

Menggunakan selain air putih untuk minum obat
Air selain air putih terkadang memiliki efek yang kurang  efektif terdapat khasiat obat atau memiliki efek semakin reaktif dengan obat seperti Jus. Jus jeruk dapat mengurangi atau meningkatkan absorbsi bahan obata sehingga semakin reaktif yang berujung pada overdosis dan sebaliknya.


Menggunakan obat kadaluarsa
Kadang seseorang memiliki pemikiran  sayang untuk membuang obat yang telah expired. Jangan pernah ragu untuk membuang obat yang telah kadaluarsa karena obat tersebut telah menjadi berbahaya untuk anda.

Menyimpan obat ditempat yang tidak tepat

Setiap obat memiliki jenis bahan aktif yang berbeda-beda. Tempat penyimpanan berpengaruh pada bahan aktif yang terkandung dalam obat oleh karena itu di kemasan obat biasanya terdapat tatacara penyimpanan obat tersebut secara benar.

-Back To Home  - 
Baca Juga Artikel :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 Kumpulan Artikel Unik