Tuesday 2 December 2014

cabai terus melonjak setara harga mobil

Cabai – mayoritas rakyat Indonesia adalah pecinta masakan pedas dimana cabai merupakan komponen utama dalam membuat rasa pedas tersebut. Cuaca yang tidak menentu dan siklus tanam yang tidak teratur menyebabkan komoditas cabai ini meroket tajam hingga mencapai harga 100 ribu perkilo di Jakarta.

harga cabai meroket tinggi


Di wilayah timur seperti  Maluku mencapai diatas 100 ribu per kilo nya. Harga tersebut bila di konversi dengan harga mobil murah yang harganya 95 juta rupiah memiliki massa 1 ton sama dengan 95rb perkilonya, Waw harganya sama dengan mobil. Umumnya cabai ini dibanderol harga antara 25 ribu hingga 35 ribu per kilonya pada kondisi dan siklus tanam yang normal.

harga cabai meroket tinggi

Kenaikan tariff bbm juga berpengaruh pada kenaikan komoditass ini karena transportasi dari wilayah produksi hingga ke tangan konsumen mengalami kenaikan. Di Thailand dan di Vietnam harga cabai relatif stabil yaitu dikisaran harga 20 ribu perkilo dikarenakan sistem tekologi pertanian di wilayah tersebut telah terdisain dengan baik untuk mengatasipasi cuaca dan siklus.


Wilayah indramayu diperkirakaan akan panen besar pada 2 minggu mendatang sehingga pemerintah optimis harga cabai akan segera turun kembali.

Baca Juga Artikel :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 Kumpulan Artikel Unik