Wednesday 9 July 2014

koruptor china sebanyak 182.038 pejabat dihukum


182.038 pejabat korupsi di China dihukum – Belajarlah sampai ke Negeri China, pepatah yang sering kita dengarkan sehari-hari memang terbukti bahwa kita harus belajar dari china. Tidak hanya Ilmu melainkan cara memberantas korupsi juga harus belajar dari China. Indonesia merupakan Negara yang sedang tumbuh dan berkembang, Negara yang sedang dalam keadaan tumbuh biasanya memiliki serba keterbatasan baik dalam bentuk monitoring,dan kebijakan sehingga beberaa orang memanfaatkan ini sebagai peluang korupsi. Tahun lalu di Indonesia tercatat beberapa petinggi politisi tertangkap di KPK yang cukup menghebohkan pemerintahan Indonesia tetapi apakah hal itu sudah cukup?.


Bila dibandingkan dengan Negara china kita masih jauh tertinggal bila terkait urusan pemberantasan korupsi. Tahun 2013 lalu, China telah memproses hukum 182.038 pejabatnya yang melakukan korupsi oleh otoritas pemberantasan korupsi setempat. Otoritas pemberantasan korupsi ini menyidik sebanyak 172.532 kasus dan menerima 1,95 juta laporan, dari jumlah kasus tersebut didapat 182.038 pejabat yang melakukan korupsi.


Kasus suap yang sering terjadi di negeri China ini membuat jerah seluruh warganya sehingga Xi Jinping, ketua Partai Komunis China menjadikan pemberantasan korupsi sebgai prioritas utama. Level tertinggi yang ditangkap oleh otoritas pemberantasan korupsi china yaitu 19 orang pejabat dengan level wakil menteri atau lebih tinggi. Dengan sebanyak 182.038 pejabat yang telah diproses hukum upaya pemerintah ini masih dianggap kurang efektif karena kasus suap masih dimana-mana. Bagaimana dengan Indonesia?

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 Kumpulan Artikel Unik